AOK.CO.ID, BELITUNG – Tokoh Pergerakan Belitung, Martoni, menilai kampanye yang dilakukan oleh Pasangan Isyak Meirobie dan Masdar Nawawi lebih menarik dan menyentuh masyarakat.
Pasalnya kata dia, mereka datang langsung dari rumah ke rumah warga hingga warung ke warung. Berbeda dengan kampanye dialogis yang dilakukan oleh pasangan Djoni Alamsyah – Syamsir dan Hendra Caya – Sylvana.
“Memang kampanye seperti itu, banyak yang datang. Tapi belum tentu juga masyarakat suka dengan orangnya atau paslonnya yang berkampanye,” kata Martoni, Rabu 9 Oktober 2024 malam.
Pria asal Membalong ini memaparkan, sebagai orang pergerakan dia menilai apa yang dilakukan oleh Isyak dan Masdar sangat efektif. Yakni menyentuh langsung ke hati masyarakat.
“Masyarakat sangat senang jika didatangi. Apalagi mereka diajak makan dan bercanda bersama. Tentunya hal itu sangat meresap di hati masyarakat,” paparnya.
Selain itu, adanya kampanye blusukan yang dilakukan oleh IM juga membantu masyarakat khususnya UMKM. Sebab, dagangannya dibeli, lalu mereka makan bersama warga.
“Dari Kampanye IM, Djoss dan HC menurut saya lebih menarik kampanye IM,” ungkapnya.
Martoni menambahkan, banyak orang juga berpendapat bahwa kampanye IM tak seramai dialogis pasangan lain. Menurut Martoni hal itu sangat biasa. Sebab ia melihat IM menggunakan sistem yang berbeda.
“Apa yang dilakukan IM tidal direncanakan. Mereka tidak mengumpat massa. Isyak dan Masdar tiba-tiba datang lalu berada di tengah masyarakat. Dan itu adalah hasil yang fair,” pangkasnya.***